Welcome!!! Awak Datang Kamek sambot!!!

Sabtu, 02 Januari 2010

Selesaikan Skripsi dengan kekuatan KEPEPET


Ada yang lagi nulis skripsi atau tugas akhir ga? kalau anda sedang melakukan kedua hal tersebut, ataupun sejenisnya, semoga saja tulisan ini bermafaat bagi anda. sebenarnya tulisan ini dibuat hanya untuk menyemangati diri ku sendiri yang juga sedang menulis skripsi, namun tidak ada salahnya jika ku bagi, siapa tau bermanfaat.
Menulis skripsi atau tugas akhir merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa yang INGIN menyelesaikan kuliahnya, -bagi yang gak ingin sih ya... ga wajib sih-. karena dianggap sulitnya mengerjakan hal tersebut, maka diperlukan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikannya. (disinilah letak peramsalahanya), dalam rentang waktu yang panjang itu, memberikan kesempatan besar bagi terjadinya 'naik turun semangat', secara gitu lo semangatkan sangat menentukan keinginan kita untuk mengerjakan skripsi.
Pada saat kita semangat, mungkin kita bisa mengerjakan dari pagi sampai pagi lagi, maka jika itu yang terjadi bisa dijamin skripsinya cepat selesai(dengan catatant tidak ada permasalahan dengan ketua prodi ataupun pembimbing yang lama mengoreksi hehehe... *pengalaman pribadi made on*). jika semangat terus meningkat seperti ini ya... enak lah, gak ada masalah. Namun jika yang terjadi sebaliknya, bukan semangat terus meningkat, tetapi malah semangat semakin menurun, jangan kan untuk mengetik atau mencari refrensinya, untuk mengingatnya saja sudah membuat badmood, baru ingat saja sudah membuat hari yang indah terasa hambar(seperti yang dialami "bibi tukang bakwan" heheheheee pisss). hal ini bukan tak mungkin terjadi, karena semangat itu sama halnya dengan iman (al imanu yajid wa yankus=iman itu meningkat dan menurun), dengan kata lain, semangat juga bisa meningkat dan menurun.
Pada saat semangat kita menurun ini lah yang membuat lamanya penyelesaian skripsi, jika kita berada dalam kondisi ini, dan tidak ada usaha ektra untuk keluar, makan skripsi kita terancam TIDAK SELESAI. So, bagaimana solusinya? berikut akan coba saya bagi pengalaman pribadi saya.
Cara saya ini memang terdengar sedikit nekat bahkan 'gila', tapi terbukti ampuh lho.... cara ampuh ku ini terinspirasi dari sebuah buku (salah satu buku paling paforit ku) karya JAYA SETIABUDI atau yang biasa di panggil "Mas J" yang berjudul THE POWER OF KEPEPET. buku ini bertujuan untuk memotivasi pembacanya agar mau berbisnis, salah satu trik yang ditawarkanya adalah dengan membawa pembacanya keluar dari comfort zone (daerah nyaman) ke daerah Kepepet, dengan kata lain dia mengajak pembacanya untuk tidak berada diposisi dimana kita bisa memilih apakah mau atau tidak untuk berbisnis, melainkan memposisikan diri untuk tidak mempunyai pilihan sama sekali selain berbisnis. dalam bukunya dia mengajak pembacanya untuk tidak memiliki jawaban lain selain "Baik. saya akan berbisnis!!!".
Lha, trus apa hubunganya dengan mengerjakan skripsi/tugas akhir atau sejenisnya? disini hubunganya.
saya mencoba mengadopsi teknik yang di tawarkan Mas J dalam berbisnis itu dalam mengerjakan Skripsi, bagaimana? yah seperti yang dijelaskan diatas, jika kita hanya mengandalkan semangat dalam mengerjakan skripsi, maka akan ada dua kemungkinan yaitu cepat selesai atau lama selesainya. itu artinya kita mempunyai dua pilihan, yaitu Mengerjakan (ketika semangat) atau tidak mengerjakan (ketika semangat menurun). Melalui teknik yang ditawarkan Mas J, saya mencoa mengajak Teman-teman untuk keluar dari Comport zone ini, kita harus keluar dari daerah dimana kita masih mempunyai pilihan untuk tidak mengerjakan skripsi. kita harus hijrah, pindah ke posisi dimana tidak ada lagi pilihan selain MENGERJAKAN SKRIPSI, terlepas apakah kita sedang semangat-semangatnya ataupun yang lagi benar-benar badmood seperti yang dialami teman ku "bibi tukang bakwan" tadi.
ketika kita telah berada di posisi ini bisa dijamin, semangat tidak akan mempenagruhi kinerja kita. kita juga akan bisa mengatur waktu penyelesaian skripsi kita, misalnya sebulan, seminggu, bahkan semalam selesai, tergantung keinginan kita.
Untuk bisa pindah dari posisi comport tersebut saya ada beberapa pengalaman sukses ( ciah..lebay dikit), salah satu cara yang paling saya suka dan paling sering saya lakuakan adalah dengan Membuat janji konsultasi atau membuat janji untuk mengumpulkan koreksian kita dalam jangka waktu tertentu (harus singkat) walaupun kerjaan kita belum selesai. Misalnya, ketika semangat kita sedang menurun, otomatis kita malas dong mengerjakan skripsi...., maka segeralah telpon pembimbing mu katakan denag PD, gagah dan berwibawa "pak/Bu, besok pagi ada waktu gak? saya mau menyerahkan tugas akhir saya?", katakan saja hal itu. Jika bapak/ibu itu mengatakan "iya", maka Berbanggalah, karena anda sudah berada di posisi KE..PE...PET, dimana anda tidak akan menemukan lagi pilihan selain MENGERJAKAN SKRIPSI. Dijamin dalam waktu satu malam tugas atau koreksian anada akan selesai (kalau tidak selesai,,,, ya brabe lah... bisa diomel atau bahkan mendapat mosi tidak percaya dari dosen pembimbing). Ya...ini terdengar sedikit spekulatif dan nekat bahkan 'gila sih',karena bermain-main dengan resiko, tapi paling tidak ini bisa membantu anda mengalahakan "ketidak semangatan anda". ingat! RESIKO BUKAN UNTUK DI HINDARI TETAPI UNTUK DIKENDALIKAN. Untuk waktunya anda bisa atur sendiri lah apakah janjianya bertemu besok, lusa, ataupun minggu depan, tetapi IKAN SEPAT IKAN GABUS IKAN LELE, semakin singkat, semakin bagus, tidak membel hehheheh... semakin singkat waktu yang kita buat, semakin ekstra kerja kita, tapi semakin cepat selesai.
selain dengan menghubungi dosen atau pembimbing, ada lagi cara yang tidak seekstrim diatas, tetapi juga masih masuk kategori nekat, bagaimana? bisa saja kita merencanakan untuk pergi ke suatu tempat yang jauh, (bisa diluar kota atau bahkan diluar negeri) dalam waktu yang cukup lama, otomatis skripsi kita harus selesai dulu dong... maka akan dengan sendirinya semangat untuk menyelesaikan tugas kita itu akan membara-bara (api kalee...), dan akan selesai sebelum keberngkatan kita, apa lagi kita segah membaya, minimal memanjar kepada rombongan atau pun travel yang akan membawa kita, insyaalah akan lebih semangat. dan masih banyak lagi cara 0- cara lain yang bisa membuat nada pindah dari comport zone ke kepepet zone, silakan anda cari sendiri, saya yakin setiap orang pasti mempunyai kondisi masing-masing dimana mereka akan merasa kepepet, tidak memiliki pilihan selain mengrjakan. dan kondisi itu bervariasi tergantung individu masing-masing.

So, intinya, untuk bisa mengalahkan ketidak-semangat-an itu, pindah-lah dari comport zone anda ke kepepet zone, ilustrasi diatas hanya memberikan contoh, namun saya yakin anda mepunyai cara anda sendiri untuk berpindah zona. silakan fikirkan sendiri caranya. namun yang jelas ketidak semangatan menyebabkan kemalasan, kemalasan akan mencelakakan, Rasul sendiri sangat tidak suka dengan yang namanya malas, sampai-sampai ia berdoa “Ya Allah, sesungguhnya aku belindung kepada-Mu dari kegelisahan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, berhati pengecut, kikir, utang yang tak terbayarkan dan tekanan kezhaliman orang lain.” (H.R. Bukhari, Abu Dawud, an-Nasai, Tirmidzi dan Ahmad.) Ibnu Jauzy,Al Muhdisy mengatakan "Dan barangsiapa yang bersampan kemalasan, ia akan tenggelam bersamanya".
Sekarang saatnya membuka lembaran baru sebagai seorang yang kreatif dalam mengendalikan keadaan, selamat datang didunia penuh semangat dan kebebasan. bebas menetukan waktu dan langkah.

Berikut bagi yang belum pernah membaca bukunya Mas J, ku kutifkan kata-kata motivasinya berjudul "Hidup ini Singkat"

Hidup Ini Singkat

Jika ini adalah hari terakhir anda di dunia,
Bagaimana nada dikenang?
Jika ini adalah hari terakhir anda di dunia,apa kata-kata terahir yang ingin anda dengar
dari orang-orang yang mencintai anda?
Jika ini adalah hari terakhir anda di dunia,apakah anda sudah membuat yang terbaik?
...
Jika ini adalah hari terakhir anda di dunia,
apakah anda meninggal sebagai seorang PEJUANG atau seorang PECUNDANG?
.....
Hidup ini pilihan, mana yang anda pilih,
hidup ini singkat jadi.......


Berkaryalah, persembahkan yang terbaik meski hanya dengan menyelesaikan SKRIPSI......

2 komentar:

mimi chatz mengatakan...

Bagosssssss!!!! tukang beling!!!! awas i bikin tulisan tandingan..

Vitha mengatakan...

makasih ded, duh kaka ni susah benar mau fokus. kalo dah ketemu halangan tiba2 bisa mundur lagi. :(

Tapi mudah2an sekarang lebih bisa jaga komitmen.

Bismillah..